6 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Banyak cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak yang dilakukan orang tua maupun guru di sekolah. Karena memang rasa percaya diri sangat perlu dalam menjalin hubungan sosial di kehidupan sehari-hari. Rasa percaya diri juga akan sangat bermanfaat bagi kehidupan masa depan anak. Maka dari itu menumbuhkan rasa percara diri pada anak sejak dini sangatlah diperlukan.

    cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak

Pada kesempatan kali ini, kami akan menginformasikan bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Karena tentunya perlakuan terhadap anak dalam menumbuhkan rasa percaya diri akan berbeda dengan orang dewasa. Nah bagi Anda para orang tua yang memiliki balita, beberapa cara ini bisa menjadi refensi dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

6 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

1. Sering Ajak Anak Untuk Berkomunikasi

Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak yang pertama adalah dengan mengajak anak berkomunikasi dengan frekuensi yang sering dan teratur. Komunikasi merupakan faktor yang sangat penting dalam menumbuhkan rasa percaya diri, terutama pada seorang anak. Lebih sering anak berkomunikasi dengan orang tua, dengan anggota keluarga atau dengan orang-orang terdekat, akan mampu merangsang otak anak untuk terus berkomunikasi sehingga rasa percaya diri akan tumbuh dengan sendirinya.

2. Push Anak Untuk Bercerita

Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak yang kedua adalah dengan mendorong anak untuk terus bercerita. Cara ini cukup efektif karena dengan bercerita secara berkala akan menumbuhkan rasa percaya diri Anak. Hal ini juga cukup mudah untuk dilakukan semisal tanyakan pada anak pada malam hari sebelum berangkat tidur, apa saja yang telah dia kerjakan atau dia alami sepanjang hari. Jika dilakukan secara rutin setiap hari maka kemampuan anak dalam bercerita akan semakin baik dan tentunya bisa menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri sang anak.

3. Ikutkan Sang Anak Dalam Komunitas Sesuai Dengan Bakat dan Minatnya

Cara ketiga untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak adalah dengan mengikutkannya dalam komunitas sesuai dengan bakat dan minat sang anak. Cara ini juga cukup efektif karena di dalam komunitas tersebut, sang anak akan bebas dalam berkomunikasi dengan teman – teman sebayanya, sehingga rasa percaya diri akan bisa tumbuh. Selain itu dengan ikut dalam komunitas, bisa menggali bakat serta minat anak yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi masa depannya. Namun sebelum itu, perlu untuk diketahui agar tidak memaksa anak untuk ikut dalam komunitas atau club yang tidak dia suka, karena justru akan membuat mental sang anak menjadi down.

4. Berikan Ruang Gerak Pada Anak

Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak yang keempat adalah dengan memberikan ruang gerak kepada anak. Ruang gerak yang dimaksud adalah dengan tidak mengurung anak dalam rumah seharian. Sesekali biarkan anak bermain dengan temannya atau bermain di luar ruangan. Karena dengan mempunyai ruang gerak, anak akan bisa bereksperimen sehingga akan membantu dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak.

5. Ajarkan Pada Anak Untuk Tampil di Depan Umum

Mengajarkan anak untuk tampil di depan umum adalah cara selanjutnya untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Tampil di depan umum bisa dilakukan dengan berkenalan degan teman baru, berkenalan dan berkomunikasi dengan tetangga, bernyanyi pada pesta ulang tahun teman dan lain sebagainya. Mungkin pasa awalnya sang anak akan merasa malu dan enggan untuk melakukannya. Namun jika orang tua selalu mendorong dan memberikan semangat pada anak, maka rasa percaya diri bisa ditumbuhkan.

6. Ajarkan Anak Untuk Mengeluarkan Pendapat

Cara keenam untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak yaitu dengan mengajarkan sang anak untuk mengeluarkan pendapatnya. Cara ini akan sangat efektif karena bisa dimulai dari lingkungan kecil seperti keluarga. Selain membantu dalam menumbuhkan rasa percaya diri, mengeluarkan pendapat akan membantu sang anak dalam mengutarakan keinginannya, sehingga para orang tua akan dengan mudah menentukan pendidikan apa yang cocok dengan buah hatinya.

Selain cara diatas, masih banyak lagi cara yang bisa digunakan untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Yang terpenting adalah menjaga komunikasi dengan anak serta meluangkan waktu untuk anak. Karena pendidikan apapun akan sangat mudah dilakukan jika dimulai dari lingkungan keluarga.

Semoga cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak diatas dapat menjadi referensi bagi orang tua dalam melakukan pendidikan anak terutama dalam menumbuhkan rasa percaya diri.

Leave a Reply