Jangan Dianggap Sepele. Ternyata Komunikasi dalam Keluarga Memiliki Banyak Mafaat

Salah satu hal yang penting dalam kehidupan manusia adalah komunikasi. Pada umunya, seorang individu melakukan komunikasi adalah dengan keluarga tercinta. Oleh karena itu, keluarga berperan penting untuk membangun karakter dan kepribadian setiap anggota keluarga yang ada di dalamnya. Aktivitas komunikasi ternyata tidak hanya digunakan ketika berada dalam keluarga saja namun juga sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Aktivitas yang satu ini dapat dibilang juga merupakan sebuah sarana efektif dalam bekerja. Oleh karena itu, komunikasi merupakan hal yang wajib untuk diterapkan dalam kehiduapn sehari hari. Sebagai makhluk hidup yang aktif, hampir setiap hari manusia menggunakan komunikasi, baik komunikasi secara langsung atau pun komunikasi secara langsung. Hal ini dikarenakan komunikasi adalah sebuah aktivitas yang berguna untuk sebuah tujuan yang diharapkan oleh setiap individu.

1. Pentingnya saling mendengarkan

Pada umunya, anak dan orangtua akan mampu melakukan aktivitas komunikasi secara bebas apabila keluarga tersebut memiliki sifat yang terbuka. Setiap anggota keluarga akan merasa nyaman untuk bercerita tentang segala permasalahan yang terjadi di dalam keluarga tanpa takut disalahkan, dihakimi, atau dikritik. Rumah dapat menjadi sebuah tempat yang penuh dengan kasih sayang, sumber semangat atau motivasi yang dapat diberikan oleh orangtua kepada buah hati mereka.

Namun, aktivitas komunikasi yang terbuka akan sangat sulit untuk direalisasikan ketika keluarga tersebut penuh tekanan, intimidasi, atau berbicara tentang hal yang tidak jujur. Selain itu jika dalam sebuah kaluraga sering terjadi pertengkaran, tidak bicara satu sama lain, atau saling membisu, hal ini dapat menjadi sebuah penghambat dalam berkomunikasi, terutama komunikasi dengan buah hati mereka.

Saat ini, ada banyak anak atau juga remaja yang mengeluh bahwa orangtua mereka tidak dapat mendengar isi hati mereka dengan baik. Selain anak dan remaja, ada juga suami yang mengeluh jika mereka tidak mengenal istri mereka lagi seperti sedia kala. Beberapa faktor tersebut menunjukkan bahwa komunikasi yang yang tidak terjalin dengan baik akan memberi dampak yang negatif terhadap anggota keluarga. Tak hanya itu, keharmonisan anak dengan orangtua, suami dengan istri juga akan akan hancur ketika ketika aktivitas komunikasi tidak lancar.

Dalam setiap komunikasi harus memilikiseorang pengirim berita dan seorang penerima. Jika keduanya berebut untuk saling berbicara dan tidak ada yang ingin menjadi seorang pendengar, maka hal yang buruk akan terjadi. Oleh karena itu, kemampuan untuk mendengar juga merupakan faktor yang penting dalam sebuah aktivitas komunikasi.

Berhasil tidaknya suatu keluarga adalah tergantung pada kemampuan untuk mendengar antara satu dengan lainnya. Hal ini karena kemampuan untuk mendengar adalah sebuah pondasi yang paling penting dari sebuah komunikasi. Jika anda ingin buah hati anda untuk berkomunikasi secara terbuka tentang masalah yang sedang dihadapai maka anda harus belajar mendengar dengan baik. Jika anda melakukan hal ini maka segala sesuatu akan berjalan seperti apa yang diharapkan oleh anda.

2. Manfaat komunikasi dalam sebuah keluarga

Pada saat ini, dengan banyaknya aktivitas yang sangat sibuk, hal ini membuat sebagian besar orang akan memikirkan dirinya sendiri. Tak hanya itu, ketika berada di rumah, kebanyakan orang juga akan masih memikirkan tentang pekerjaan yang sedang menumpuk di kantor. Dikarenakan faktor tersebut, mereka akan menghiraukan orang-orang yang ada di sekitar mereka. Jika hal ini diteruskan maka mereka akan waktu untuk bercengkrama dengan keluarga tercinta. kurangnya waktu dengan keluarga dapat membuat komunikasi menjadi rusak. Namun percaya atau tidak, interaksi yang terjadi di lingkungan rumah memiliki peranan yang sangat penting. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui tentang manfaat dari komunikasi ini. Oleh karena itu, berikut adalah manfaat dari komunikasi dalam sebuah keluarga:

  • Munculnya sikap sosial dalam sebuah keluarga

Dengan melatih buah hati anda untuk melakukan aktivitas komunikasi, terutama bicara dan berekspresi, ketiga hal ini dapat membantu buah hati anda untuk belajar mengembangkan sikap sosial, di keluarga atau ketika berada dengan masyarakat. Jika buah hati anda dapat berbicara dan berekspresi dengan baik, maka anda dapat lebih mudah untuk mengerti tentang keinginannya daripada seorang anak yang pendiam. Ketika anda melatih buah hati anda untuk berbicara dan berekspresi, maka jiwa sosial yang dimiliki anak akan tumbuh dengan maksimal.

  • Melatih untuk berbicara apa adanya
Nurse Making Notes During Home Visit With Senior Couple

Komunikasi merupakan hal yang penting dalam sebuah keluarga, inilah mengapa komunikasi sangat bermanfaat bagi kehidupan keluarga, terutama hubungan antara orangtua dan juga buah hati mereka. Komunikasi dalam keluarga juga merupakan sebuah sarana untuk seseorang belajar bicara jujur dan apa adanya. Pada dasarnya keterbukaan anak sangat penting bagi orang tua, untuk itu sudah semestinya sejak kecil melatih anak untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Dengan melatih buah hati anda untuk selalu terbuka berkata jujur, hal ini dapat membuat anda untuk segara dapat menemukan solusi jika mereka sedang mengalami sebuah permasalahan.

  • Saling memberi dukungan

Jika sebuah aktivitas komunikasi berjalan dengan baik dalam sebuah keluarga, maka setiap anggota keluarga akan mampu untuk saling memberikan dukungan. Jika hal ini terjadi maka secara otomatis kebutuhan keluarga akan terpenuhi. Tak hanya itu, sebuah aktivitas komunikasi yang baik juga akan membuat buah hati anda untuk lebih mudah bereksplorasi untuk mencapai keinginannya. Hal ini karena komunikasi pada orang tuanya, akan lebih mudah untuk orang tua memberikan dukungan kepada buah hati tercintanya.

  • Menumbuhkan sikap empati
Mid adult Hispanic father and mother give their elementary age son and daughter apples in community food bank or soup kitchen. The children smile as they receive the apples. Volunteers are working in the background.

Dengan saling mengerti dan memahami setiap anggota keluarga, hal ini dapat menumbuhkan sikap dan rasa empati dalam keluarga. Ketika setiap anggota keluarga memiliki rasa dan juga sikap empati, maka suasana di dalam rumah dapat kondusif, keharmonisan dalam keluarga akan lebih mudah untuk dicapai sehingga kebahagiaan akan hadir dalam keluarga.

  • Memahami perbedaan

Aktivitas komunikasi dalam sebuah keluarga akan membuat hubungan antara setiap individua yang ada di dalamnya akan akan menjadi harmonis. Komunikasi yang baik dan tanpa rasa curiga akan membuat setiap individur akan dapat saling dipahami satu sama lain.

Itulah beberapa manfaat dari aktivitas komunikasi yang dapat anda peroleh jika mengaplikasikannya dalam sebuah keluarga. Ketika anda sudah mengetahui tentang manfaat dari komunikasi ini diharapkan Anda bisa lebih bijak untuk memulai membangun kebersamaan dengan keluarga tercinta.

Leave a Reply